Shopee Liga 1 Dapat Berlanjut : Mulai 1 Oktober Mendatang

Shopee Liga 1 Dapat Berlanjut : Mulai 1 Oktober Mendatang

Kelanjutan Shopee Liga 1 2020 dapat Restu dari Satuan Tugas Penanganan COVID-19. yang akan diberikan bantuan swab test Covid.

Dalam Kepastian itu diungkapkan Doni Monardo, Ketua Satgas Penanganan COVID-19, setelah dikunjungi petinggi PSSI dan PT Liga Indonesia Baru (LIB), Rabu (22/7/2020). Ada syarat yang diajukan Satgas kepada PSSI, yakni kewajiban prosedur protokol ketat dan pertandingan tak boleh dihadiri penonton.

PSSI dan PT LIB sudah sepakat Shopee Liga 1 dilanjutkan lagi mulai 1 Oktober mendatang. Kompetisi dilanjutkan di pekan ke-4 dengan format yang sama, namun lokasi pertandingan kini dipusatkan di Pulau Jawa.

"Satgas mendukung liga bergulir, namun dengan syarat menerapkan protokol kesehatan dan akan mendukung dengan memberikan bantuan swab test kepada PSSI," kata Doni Monardo dari rilis Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

"Selain itu, pertandingan dilarang dihadiri penonton karena tidak ada yang bisa menjamin keselamatan mereka. Dikhawatirkan terjadi kontak erat dengan salah satu orang yang terpapar COVID-19 yang hadir di stadion," ujarnya menambahkan.

Sinyal rekomendasi kelanjutan Shopee Liga 1 2020 dari Satgas COVID-19 sudah tercium saat mereka mengunjungi Bonek, suporter Persebaya Surabaya, di Surabaya pekan lalu. Hasilnya, Bonek berkomitmen membuat gerakan Tri Wani, yaitu wani pakai masker, wani cuci tangan dan wani jaga jarak. Gerakan itu telah dilakukan hingga ke berbagai daerah.

Satgas gembira dengan semangat Bonek dalam upaya mereka memerangi penyebaran virus corona. Gerakan Bonek sangat penting buat Surabaya yang menjadi salah satu lokasi terparah dalam hal penyebaran wabah ini.

Sikap positif Bonek memberikan impresi bagus buat Satgas COVID-19 bahwa pandemi bisa dilawan lewat gerakan suporter. Diharapkan langkah Bonek juga bisa diikuti kelompok suporter lain, bahkan oleh pegiat cabang olahraga lainnya.

"Kami sudah mencoba dengan kelompok Bonek, tanpa disangka gerakan itu melebar ke Manokwari dan Sorong. Jadi, lewat olahraga khususnya sepak bola kita bisa membantu meningkatkan program pencegahan dan ini momentum bagus ketika olahraga bisa menggerakkan seluruh komponen bangsa," tutur Doni.

"Peran menghadapi COVD-19 bukan lagi orang per orang, tetapi melalui komunitas-komunitas. Ketika komunitas sukses, maka kelompok ini akan menjadi pahlawan bagi diri sendiri dan orang sekitarnya serta akan menjadi pahlawan kemanusiaan bagi orang banyak," tutupnya soal kelanjutan Shopee Liga 1 2020.

Posting Komentar

0 Komentar